BELAJAR TATAP MUKA DI SMK BUDHI WARMAN 2 JAKARTA

Sebanyak 85 sekolah di DKI Jakarta melaksanakan belajar tatap muka mulai awal bulan maret. Salah satunya SMK Budhi Warman 2 Jakarta.

TMP 2

Kepala sekolah SMK Budhi Warman 2 Jakarta menuturkan, pada hari pertama uji coba sekolah tatap muka hari ini, siswa hadir pada pukul 07.00 WIB. dan berakhir pukul 11.00 WIB

Selang 30 menit pukul 06.30 ke pukul 07.00, kenapa? Karena sudah satu tahunan pembelajaran jarak jauh, kebiasaan bangun pagi mungkin berbeda, jadi kelas dimulai 07.00 menit agar siswa tidak kecewa kalau datang telat (bila kelas dimulai pukul 06.30 pagi).

Selang tiga puluh menit di awal kedatangan siswa digunakan untuk proses masuk, cek suhu, dan cuci tangan pakai sabun di wastafel-wastafel dan memakai hand sanitizer yang disediakan di luar kelas.Semua proses tersebut dipandu oleh satgas COVID-19 yang dibentuk sekolah, terdiri dari guru, pembina OSIS, dan didukung petugas keamanan. Adapun guru bertugas di luar jam mengajar masing-masing.

Siti Rahayu, Wakil Kurikulum SMK Budhi Warman 2 Jakarta menuturkan, para siswa diimbau membawa dua masker. Setelah sampai di sekolah, masker diganti, karena nanti di sekolah ketemu teman.

TMP 3

Siti Rahayu menuturkan, belajar tatap muka membantu efektifitas kegiatan belajar mengajar sebab pelajaran di SMK 70% praktikum dan 30% teori.

Ada keistimewaan untuk SMK, kami fokuskan mata pelajaran saat ini pada mata pelajaran produktif, disesuaikan dengan program keahlian, yakni program Akuntansi, Otomasi Tata Kelola Perkantoran, Multimedia, dan TKJ. Mereka belajar materi-materi dari program keahlian tersebut.

Dengan belajar tatap muka, anak-anak jadi mengenal alat dan praktik mereka sendiri secara langsung ketimbang PJJ. Sangat menolong sekali.

Untuk penggunaan alat, siswa memasuki ruangan dalam kondisi steril, dengan maksimal siswa yang hadir sejumlah 10-12 anak. Anak-anak diwajibkan menggunakan masker, lalu menggunakan hand sanitizer, dan praktik dengan sarung tangan.

TMP 1

Ketika anak keluar dari ruangan, ruangan akan kembali kami sterilkan dengan disinfektan.

TMP 4

Saat pembelajaran tatap muka berakhir, para siswa menunggu di kelas dan ditemani guru. Mereka duduk di kursi-kursi terpisah dengan jarak kurang lebih 1,5 meter.

Siswa diperkenankan keluar ruangan kalau sudah dijemput orang tua atau sudah ada kendaraan penjemput tiba di sekolah. Jadi mereka tidak berkerumun (menunggu dijemput). Sebisa mungkin cepat pulang.

Persiapan belajar tatap muka di SMK Budhi Warman 2 Jakarta sendiri dimulai di medio Desember 2020-Januari 2021. Salah satunya dengan memberikan kuesioner kesediaan ortu perihal kehadiran anak ke sekolah.

Kami juga mengisi instrumen asesmen kesiapan belajar sekolah tatap muka yang dikeluarkan Disdik (Dinas Pendidikan DKI Jakarta) dan Kemdikbud, lalu mengikuti pelatihan blended learning dari Merdeka Belajar.

Lalu kami lulus piloting tahap satu, sudah siap sarana prasarana yang menunjang sekolah tatap muka seperti wastafel dengan air mengalir, disinfektan, ruangan kelas dengan duduk berjarak, dan lain-lain.

BAKTI SOSIAL

bakti sosial1Pada hari minggu tanggal 26 Februari 2021, SMK Budhi Warman II menyelenggarakan kegiatan bakti sosial di Gang Sawi , Kecamatan Pekayon, Kabupaten Pasar Rebo. Kegiatan yang ini diselenggrarakan oleh Kelas XII di bantu OSIS seksi Religi dan diikuti oleh anggota OSIS serta Pembina. Seperti yang disampaikan oleh ketua pelaksana, bahwa kegiatan yang dimulai pukul 09:00 WIB sampai dengan 12:00 WIB bertujuan untuk membantu warga masyarakat sekitar dan untuk meningkatkan rasa sosial serta menunjukkan bahwa siswa SMK Budhi Warman II tidak hanya unggul dalam bidang akademis, namun juga aktif dalam kegiatan sosial. Masyarakat di Gang Sawi sangat antusias dalam mengikutinya dan merasa bahagia karena sudah dibantu. Selain itu, kegiatan ini juga mendapat respon positif dari masyarakat sekitar lainnya.

Bakti sosial2

Dengan dibagikannya sembako, pakaian layak pakai, dan keperluan lainnya diharapkan dapat sedikit membantu keadaan ekonomi mereka. Kegiatan pada hari itu berjalan dengan lancar dan bisa menjadi pelajaran bagi siswa-siswi SMK Budhi Warman II akan kehidupan masyarakat di sekitarnya.

SMK Budhi Warman II Ikuti Upacara Hari Guru Nasional 2020 Secara Virtual

1UHG2020Pada Rabu 25 November 2020 SMK Budhi Warman II mengadakan Upacara Hari Guru Nasional Tahun 2020. Upacara diadakan dengan menerapkan protokol kesehatan antara lain menjaga jarak dan memakai masker. Rangkaian Peringatan Hari Guru Nasional tahun ini mengangkat tema Bakti Guru Lindungi Negeri.

Wakil Yayasan Budhi Warman II, Bapak Ahyar Sihombing M.Pd dalam amanat upacara, menyatakan apresiasi guru yang mengabdikan diri dan berbakti untuk negeri di daerah – daerah yang tertinggal. Pak Ahyar juga menyatakan apresiasi terhadap guru yang dengan tulus mengabdikan diri meskipun di tengah ancaman pandemi Covid19. Kemajuan teknologi informasi komunikas 4.0 menuntut guru untuk mampu mengikuti perkembangan dunia digital dan memberikan bekal kepada peserta didik menghadapi perkembangan dunia digital.

Guru dan Karyawan SMK Budhi Warman II Bantul mengikuti Upacara Hari Guru Nasional tersebut secara virtual melalui Youtube yang disiarkan langsung dari channel resmi Youtube SMK Budhi Warman II. Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.00 WIB. Kegiatan ini dilakukan di dalam ruangan yaitu kelas XI Teknik Komputer & Jaringan. Meskipun dalam kondisi hujan di luar ruangan, tetapi kegiatan ini berlangsung dengan khidmat. Bapak Kepala Sekolah SMK Budhi Warman II, Munjaeni, S.Ag membersamai para guru dalam mengikuti kegiatan upacara ini. Kegiatan berakhir pada pukul 08.00 WIB.

Guru Tamu

SMK Budhi Warman II Jakarta mengadakan kegiatan Kelas Industri (Program Guru Tamu Industri). Kelas industri adalah system pembelajaran dimana materi pembelajaran sebagian besar disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi/kualifikasi tenaga kerja perusahaan mitra atau sektor industri tertentu. Kelas industri bekerja sama dengan sektor industri sebagai guru tamu. Kelas industri sebagai bentuk inovasi pembelajaran dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas. Siswa tidak semata mendapatkan materi kompetensi dari guru pengampu di sekolah saja melainkan secara langsung didapatkan dari industri sebagai guru tamu.gurutamu 2021 1

Pembelajaran dari teori, demo dan praktik secara langsung antar teman. Ciri khas kelas industri adalah jumlah jam praktik yang jauh lebih banyak dibandingkan kelas biasa. Hal ini untuk memastikan siswa mendapat pengalaman industri lebih banyak sehingga kompetensi lebih sesuai. Pengembangan Soft Skill dan pengenalan budaya industri.gurutamu2021 2

Kompetensi dan materi pembelajaran yang diberikan tetap  harus mengacu pada kurikulum. Industri dan sekolah harus menyepakati kurikulum untuk pengembangan kompetensi pengajar.

gurutamu2021 3

Peningkatan Jaringan Internet

oxygen bwUntuk meningkatkan jaringan internet di SMK Budhi Warman II, Team Network Operation - SMK Budhi Warman II melakukan perbaikan serta pengembangan jaringan internet dengan membuat backup link. Sebelumnya SMK Budhi Warman II berlangganan Indihome dengan kecepatan 2x 100 Mbps, ketika terjadi gangguan pada jaringan indihome, maka akses internet di unit SMK Budhi Warman II akan terganggu.

Team Network Operation melakukan analisa serta perbandingan terhadap ISP (Internet Service Provider) yang melewati lokasi SMK Budhi Warman II Jakarta. Terdapat 4 ISP yang melewati SMK Budhi Warman II Jakarta dengan berbagai jalur fiber optic. Ada yang lewat sisi kiri SMK Budhi Warman (satu jalur dengan Indihome) ada yang lewat sisi kanan SMK Budhi Warman II (berbeda jalur dengan Indihome). Dengan berbagai pertimbangan, pilihan jatuh pada Oxygen yang merupakan anak usaha dari Moratelindo, ISP yang cukup besar dan memiliki banyak pelanggan baik residence (perumahan) maupun corporate (perusahaan)

Account Manager Oxygen yang membantu registrasi internet SMK Budhi Warman II merupakan siswa alumni SMA Budhi Warman II Jakarta. Proses pendaftaran cukup cepat (-+ 3 hari) internet dari oxygen sudah siap digunakan. Adapun harga yang diberikan merupakan harga khusus dari Account Manager yang merupakan Alumni SMA Budhi Warman II.

Layanan yang didapat yaitu:
Internet Broadband 100 Mbps Upload / Download (Unlimited tanpa batasan FUP)
1 IP Static
1 Access Point

Paket layanan diatas dirasa sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan internet SMK Budhi Warman II Jakarta.

IP Static kedepannya akan digunakan oleh siswa jurusan Teknik Komputer Jaringan untuk praktek jaringan serta digunakan juga oleh guru serta staff SMK Budhi Warman II untuk mengakses server E-Raport dari rumah.

Dengan peningkatan jaringan ini, diharapkan dapat memberikan layanan yang lebih optimal kepada Guru, Staff serta Siswa dan Siswi SMK Budhi Warman II dalam mengakses jaringan internet untuk kebutuhan pembelajaran.

 


SMK Budhi Warman II menjalin Hubungan Industri (HUBIN) dengan berbagai perusahaan, berikut diantaranya:

erlangga jasamarga lottemart panasonic parkerizing telkom cybernetworkindonesia