DKV

A.       Tujuan Program Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV)

Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam :

  1. Mengembangkan citra dan animansi digital, halaman/ web interaktif, merekam dan menyunting audio video;
  2. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien;
  3. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawabnya;
  4. Memiliki keahlian dan keterampilan kompetensi Desain Komunikasi Visual (DKV) untuk mengisi tenaga kerja tingkat menengah di dunia usaha maupun dunia industri;
  5. Mendidik peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetensi dan mengembangkan sikap profesional dalam kompetensi keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV);
  6. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan.

Profil Kompetensi Lulusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Kompetensi umum

Mengacu pada Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 :

  1. Beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia,
  2. Sehat,
  3. Cakap, kreatif,
  4. Mandiri,
  5. Demokratis, dan
  6. Tanggung jawab

Tuntutan dunia kerja

  1. Disiplin, dan
  2. Jujur

Kompetensi Kejuruan Mengacu pada SKKNI

  1. Merakit Personal Computer + Laptop Mainten & Repair
  2. Melakukan instalasi sistem operasi dasar
  3. Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan Hidup (K3LH)
  4. Memahami alir proses produksi produk Desain Komunikasi Visual (DKV)
  5. Mengoperasikan kamera & teknik pengambilan gambar produksi
  6. Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam DKV 
  7. Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi
  8. Dasar-dasar animasi stop-motion (bidang datar)
  9. Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian Desain Komunikasi Visual (DKV)
  10. Menggabungkan Fotografi Digital Ke Dalam Sajian Desain Komunikasi Visual (DKV)
  11. Mengoperasikan Software Video Editing
  12. Menerapkan efek khusus pada obyek produksi
  13. Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip (3D)
  14. Mengelola isi halaman Web
  15. Menyusun proposal penawaran
  16. Pengantar periklanan
  17. Menggabungkan teks ke dalam sajian Desain Komunikasi Visual (DKV)
  18. Menggabungkan Audio ke dalam sajian Desain Komunikasi Visual (DKV)
  19. Story Board aplikasi Desain Komunikasi Visual (DKV)
  20. Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya

Ruang Lingkup Pekerjaan

Ruang lingkup pekerjaan Kompetensi Desain Komunikasi Visual (DKV) meliputi bidang pekerjaan :

  1. Membuat animasi
  2. Merakit komputer
  3. Fotografi
  4. Merekam siaran

STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

MATA PELAJARAN

ALOKASI WAKTU

A. Muatan Nasional

1.

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

318

2.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

212

3.

Bahasa Indonesia

320

4.

Matematika

424

5.

Sejarah Indonesia

108

6.

Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*)

352

Jumlah A

1.734

B. Muatan Kewilayahan

1.

Seni Budaya

108

2.

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

144

Jumlah B

252

C. Muatan Peminatan Kejuruan

C1. Dasar Bidang Keahlian

1.

Simulasi dan Komunikasi Digital

108

2.

Fisika

108

3.

Kimia

108

C2. Dasar Program Keahlian

1.

Sistem Komputer

72

2.

Komputer dan Jaringan Dasar

180

3.

Pemrograman Dasar

108

4.

Dasar Desain Grafis

108

C3. Kompetensi Keahlian

1.

Desain Grafis Percetakan

432

2.

Desain Media Interaktif

442

3.

Animasi 2D dan 3D

432

4.

Teknik Pengolahan Audio dan Video

408

5.

Produk Kreatif dan Kewirausahaan

524

Jumlah C

3.030

Total

5.016

MATA PELAJARAN

KELAS

X

XI

XII

1

2

1

2

1

2

A. Muatan Nasional

1.

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

3

3

3

3

3

3

2.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

2

2

2

2

2

2

3.

Bahasa Indonesia

4

4

3

3

2

2

4.

Matematika

4

4

4

4

4

4

5.

Sejarah Indonesia

3

3

-

-

-

-

6.

Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*)

3

3

3

3

4

4

Jumlah A

19

19

15

15

15

15

B. Muatan Kewilayahan

1.

Seni Budaya

3

3

-

-

-

-

2.

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

2

2

2

2

-

-

Jumlah B

5

5

2

2

-

-

C. Muatan Peminatan Kejuruan

C1. Dasar Bidang Keahlian

1.

Simulasi dan Komunikasi Digital

3

3

-

-

-

-

2.

Fisika

3

3

-

-

-

-

3.

Kimia

3

3

-

-

-

-

C2. Dasar Program Keahlian

1.

Sistem Komputer

2

2

-

-

-

-

2.

Komputer dan Jaringan Dasar

5

5

-

-

-

-

3.

Pemrograman Dasar

3

3

-

-

-

-

4.

Dasar Desain Grafis

3

3

-

-

-

-

C3. Kompetensi Keahlian

1.

Desain Grafis Percetakan

-

-

12

12

-

-

2.

Desain Media Interaktif

-

-

-

-

13

13

3.

Animasi 2D dan 3D

-

-

12

12

-

-

4.

Teknik Pengolahan Audio dan Video

-

-

-

-

12

12

5.

Produk Kreatif dan Kewirausahaan

-

-

7

7

8

8

Jumlah C

22

22

31

31

33

33

Total

46

46

48

48

48

48


Print