Penilaian Akhir Tahun Tahun Pelajaran 2021 / 2022

PAT 2022

Penilaian Akhir Tahun (PAT) merupakan salah satu metode pengukuran kemampuan siswa dan sebagai sarana perbaikan pembelajaran untuk kedepannya bagi sekolah. Penilaian ini juga dijadikan sebagai sarana pemetaan setiap mata pelajaran dan sejauh mana penguasaan siswa dalam penerimaan input yang diberikan selama pembelajaran. Selain sebagai barometer untuk mengetahui tercapai atau tidaknya target kurikulum, penilaian ini juga menjadi salah satu motivasi siswa untuk kembali membaca dan mempelajari materi-materi yang dipelajarinya. Ada banyak metode yang bisa dipakai dalam menyelenggarakan PAT di sekolah. Di masa pandemi COVID-19 ini pun, berbagai metode penyelenggaran PAT, baik daring maupun luring mulai dikembangkan di berbagai sekolah.

Pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 ini, SMK Budhi Warman 2 menerapkan metode ujian baru yaitu sistem blended (Pola Daring dan Pola Luring). Dimana pola daring dengan pemanfaatan ICT (Google Form) dan peralatan teknologi pendukung (handphone/smartphone dengan koneksi internet). Sedangkan untuk pola luringnya adalah dengan mendatangkan peserta ujian secara klasikal di kelas dengan memperhatikan protokol kesehatan. Sistem blended diterapkan pada siswa kelas X dan XI, Waktu pelaksanaan PAT dimulai Senin, 6 Juni 2022 sampai dengan Selas, 14 Juni 2022. Dengan pembagian sesi 1 pukul 07.30 – 09.30 WIB dan sesi 2 pukul 10.00 – 12.00 WIB.

Kepanitiaan masih memiliki tugas yang sama seperti pelaksanaan ujian daring seperti biasanya, hanya penambahan kepanitiaan sebagai pengawas ruang yang mengawasi siswa di kelas. Kepengawasan ditugaskan kepada guru-guru mata pelajaran yang sedang tidak mengerjakan kepanitiaan lain. Pengawas ruang ini bertanggungjawab atas pelaksanaan ujian di kelas masing-masing dan sebagai perantara antara siswa dan panitia teknis jika ada masalah dengan soal.

Sebagai awal dari penerapan adaptasi kebiasaan baru berdampingan dengan COVID-19, penilaian dengan metode blended ini merupakan tahap akhir dari uji coba pelaksanaan Pertemua Tatap Muka Terbatas (PTMT) di lingkungan SMK. Keluaran dari PTMT dan Blended PAT ini akan menjadi pondasi dalam merencanakan pembelajaran di semester/tahun ajaran baru.


Print