Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan rutin yang tentu di nantikan oleh calon peserta didik di setiap sekolah pada Tahun Ajaran Baru. Kegiatan tersebut juga tidak luput dari program yang sudah di rencanakan oleh SMK Budhi Warman II Jakarta. Dapat di katakan bahwa MPLS merupakan kegiatan Rutin setiap tahunnya. Kegiatan ini di persiapkan begitu matang oleh Tim SMK Budhi Warman II yang terdiri dari guru dan OSIS. Perencanaan yang matang guna memenuhi kepuasaan terhadap calon peserta didik dan tentunya orang tua yang sudah dengan penuh keyakinan menitip kan putra putri nya untuk menuntut ilmu di sekolah kami tercinta.

mpls2023

Seluruh calon peserta didik SMK Budhi Warman II Jakarta mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang di awali dengan kegiatan PRA MPLS pada 11 Juli 2023.

Pra MPLS sebagai kegiatan awal sosialisasi kepada peserta didik baru mengenai apa saja kegiatan MPLS keesokan harinya, juga sebagai sarana untuk persiapan awal peserta MPLS.

Masa pengenalan lingkungan sekolah itu sendiri laksanakan pada tanggal 12 hingga 14 Juli 2023.

Peserta didik memulai agenda acara pada hari Rabu, 12 Juli 2023 dengan Upacara pembukaan sekaligus sebagai tanda di mulainya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Wajah antusias dan semangat menyambut lingkungan baru begitu terlihat pada peserta didik baru.

Setelah upacara pembukaan, peserta didik mengikuti materi MPLS, di antaranya :

  1. Materi Tata Tertib dan Tata Krama Peserta didik

Materi ini membahas mengenai tata tertib dan tata krama yang berlaku di lingkungan SMK Budhi Warman II. Selain di lingkungan sekolah, peserta didik juga di sampaikan mengenai tata krama dan sikap kedisiplinan dalam berkehidupan di Masyarakat.

  1. Materi mengenai kurikulum Merdeka

Untuk materi kurikulum Merdeka, dimana materi ini adalah hal baru bagi Sebagian peserta didik. Maka pentingnya menyampaikan bagaimana kegiatan belajar mereka dalam memasuki kurikululm Merdeka, yang sudah di laksanakan oleh SMK Budhi Warman II selama 2 tahun terakhir.

  1. Materi Wawasan Wiyata Mandala

Wawasan wiyata mandala merupakan materi yang memperkenalkan lingkungan sekolah, dan fasilitas apa saja yang terdapat pada sekolah kami tercinta.

  1. Sosialisasi Pergaulan Bebas (Bahasa Sex dan LGBT)

Selain memperkenalkan sekolah yang merupakan lingkungan baru bagi peserta MPLS, tidak terlewat pula sosialisasi pergaulan bebas sebagai bekal masa depan peserta didik. Hal ini adalah bagian penting, dimana peserta MPLS memasuki masa remaja menuju dewasa.

Di hari kedua MPLS, di tengah materi tersebut juga di selipkan games yang di dampingi dan di komando – kan oleh OSIS SMK Budhi Warman II. Games tersebut untuk melatih kekompakan peserta MPLS.

Sampailah pada hari terakhir MPLS, hari tersebut juga tidak kalah seru dan terlihat wajah antusias dari peserta MPLS. Kegiatannya adalah keakraban dari OSIS SMK Budhi Warman II di lapangan. Mungkin bagi para peserta MPLS, kegiatan ini merupakan hal baru. Karena keakraban ini menampilkan kekompakan dari OSIS SMK Budhi Warman II.

Acara MPLS SMK Budhi Warman II berjalan dengan lancar, ditandai dengan kegiatan penutupan sebagai tan berakhirnya kegiatan MPLS dan resminya Peserta Didik baru memasukin gerbang SMK Budhi Warman II dengan siap mengikuti segala kegiatan pembelajaran di sekolah kami tercinta.


Print