BUGAR SEBELUM BELAJAR

Bugar1MENSANA in corpore sano, kalimat berbahasa latin yang berarti di dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang sehat. Maksudnya, jika tubuh sehat, jiwa juga sehat. Begitu juga sebaliknya.

Sebagai salah satu upaya menyehatkan badan, SMK Budhi Warman 2 Jakarta, rutin mengadakan senam kebugaran jasmani yang menyehatkan.

Sebelum pelajaran dimulai, semua siswa berbaris di halaman sekolah mengikuti senam kesegaran jasmani atau senam SKJ dipandu guru piket,Pembina OSIS dan di bantu anak-anak OSIS.

Seperti Jumat (25/01/2019) pagi itu, Dede Fitri M.Pd, Waka Kesiswaan mengatakan, kegiatan rutin sekolah ini selain melatih otot dan gerakan motorik, juga efektif membantu pertumbuhan dan perkembangan anak.

Dengan gerakan yang beraturan dan terlatih, diharapkan siswa dapat lebih terampil dan kreatif melakukan aktivitas belajar sehari-hari.

Gerakan senam pagi juga dapat melancarkan peredaran darah sehingga siswa akan lebih segar. Tidak ada lagi siswa yang bermalas-malasan karena ngantuk ketika berada di dalam kelas.

Bugar2Guru BK, Tri Ardi Permana S.Pd menambahkan, ”sinar matahari pagi sangat bagus untuk kesehatan, terutama kandungan vitamin D nya. Jika siswa sehat fisik akan meningkatkan konsentrasi sehingga memudahkannya menangkap pelajaran yang diberikan guru."

Saat ini hampir sebagian besar waktu anak di rumah dihabiskan untuk menonton televisi, bermain game atau gawai sehingga tak ada lagi waktu melakukan kegiatan fisik berupa olahraga dan senam. Sekolah menganggap perlu memberikan waktu khusus untuk mengubah kebiasaan siswa menjadi lebih baik.

Kegiatan olahraga sebenarnya telah ada jamnya sendiri dalam pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan namun karena jamnya terbatas, senam rutin tetap dilaksanakan di SMK Budhi Warman 2 Jakarta

Bapak H.Munjaeni mengatakan, senam pagi melatih disiplin siswa agar tidak menunda-nunda bangun dan berangkat ke sekolah. Selain itu, guru piket pun hadir lebih pagi untuk memberi teladan sekaligus bertugas mengoperasikan musik senam.


Print