A. Tujuan Program Keahlian Multimedia
Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam :
- Mengembangkan citra dan animansi digital, halaman/ web interaktif, merekam dan menyunting audio video;
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien;
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawabnya;
- Memiliki keahlian dan keterampilan kompetensi multimedia untuk mengisi tenaga kerja tingkat menengah di dunia usaha maupun dunia industri;
- Mendidik peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetensi dan mengembangkan sikap profesional dalam kompetensi keahlian multimedia;
- Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan.
Profil Kompetensi Lulusan Multimedia
Kompetensi umum
Mengacu pada Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 :
- Beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia,
- Sehat,
- Cakap, kreatif,
- Mandiri,
- Demokratis, dan
- Tanggung jawab
Tuntutan dunia kerja
- Disiplin, dan
- Jujur
Kompetensi Kejuruan Mengacu pada SKKNI
- Merakit Personal Computer + Laptop Mainten & Repair
- Melakukan instalasi sistem operasi dasar
- Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan Hidup (K3LH)
- Memahami alir proses produksi produk multimedia
- Mengoperasikan kamera & teknik pengambilan gambar produksi
- Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam DKV untuk MM
- Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi
- Dasar-dasar animasi stop-motion (bidang datar)
- Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian Multimedia
- Menggabungkan Fotografi Digital Ke Dalam Sajian Multimedia
- Mengoperasikan Software Video Editing
- Menerapkan efek khusus pada obyek produksi
- Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip (3D)
- Mengelola isi halaman Web
- Menyusun proposal penawaran
- Pengantar periklanan
- Menggabungkan teks ke dalam sajian Multimedia
- Menggabungkan Audio ke dalam sajian Multimedia
- Story Board aplikasi Multimedia
- Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya
Ruang Lingkup Pekerjaan
Ruang lingkup pekerjaan Kompetensi Multimedia meliputi bidang pekerjaan :
- Membuat animasi
- Merakit komputer
- Fotografi
- Merekam siaran
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
MATA PELAJARAN |
ALOKASI WAKTU |
|
A. Muatan Nasional |
||
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
318 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
212 |
3. |
Bahasa Indonesia |
320 |
4. |
Matematika |
424 |
5. |
Sejarah Indonesia |
108 |
6. |
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) |
352 |
Jumlah A |
1.734 |
|
B. Muatan Kewilayahan |
||
1. |
Seni Budaya |
108 |
2. |
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
144 |
Jumlah B |
252 |
|
C. Muatan Peminatan Kejuruan |
||
C1. Dasar Bidang Keahlian |
||
1. |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
108 |
2. |
Fisika |
108 |
3. |
Kimia |
108 |
C2. Dasar Program Keahlian |
||
1. |
Sistem Komputer |
72 |
2. |
Komputer dan Jaringan Dasar |
180 |
3. |
Pemrograman Dasar |
108 |
4. |
Dasar Desain Grafis |
108 |
C3. Kompetensi Keahlian |
||
1. |
Desain Grafis Percetakan |
432 |
2. |
Desain Media Interaktif |
442 |
3. |
Animasi 2D dan 3D |
432 |
4. |
Teknik Pengolahan Audio dan Video |
408 |
5. |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
524 |
Jumlah C |
3.030 |
|
Total |
5.016 |
MATA PELAJARAN |
KELAS |
||||||
X |
XI |
XII |
|||||
1 |
2 |
1 |
2 |
1 |
2 |
||
A. Muatan Nasional |
|||||||
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
3 |
2. |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
3. |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
3 |
3 |
2 |
2 |
4. |
Matematika |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
5. |
Sejarah Indonesia |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
6. |
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) |
3 |
3 |
3 |
3 |
4 |
4 |
Jumlah A |
19 |
19 |
15 |
15 |
15 |
15 |
|
B. Muatan Kewilayahan |
|||||||
1. |
Seni Budaya |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
2 |
2 |
2 |
2 |
- |
- |
Jumlah B |
5 |
5 |
2 |
2 |
- |
- |
|
C. Muatan Peminatan Kejuruan |
|||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian |
|||||||
1. |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Fisika |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
3. |
Kimia |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
C2. Dasar Program Keahlian |
|||||||
1. |
Sistem Komputer |
2 |
2 |
- |
- |
- |
- |
2. |
Komputer dan Jaringan Dasar |
5 |
5 |
- |
- |
- |
- |
3. |
Pemrograman Dasar |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
4. |
Dasar Desain Grafis |
3 |
3 |
- |
- |
- |
- |
C3. Kompetensi Keahlian |
|||||||
1. |
Desain Grafis Percetakan |
- |
- |
12 |
12 |
- |
- |
2. |
Desain Media Interaktif |
- |
- |
- |
- |
13 |
13 |
3. |
Animasi 2D dan 3D |
- |
- |
12 |
12 |
- |
- |
4. |
Teknik Pengolahan Audio dan Video |
- |
- |
- |
- |
12 |
12 |
5. |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
- |
- |
7 |
7 |
8 |
8 |
Jumlah C |
22 |
22 |
31 |
31 |
33 |
33 |
|
Total |
46 |
46 |
48 |
48 |
48 |
48 |