BELAJAR TATAP MUKA DI SMK BUDHI WARMAN 2 JAKARTA

Hits: 496

Sebanyak 85 sekolah di DKI Jakarta melaksanakan belajar tatap muka mulai awal bulan maret. Salah satunya SMK Budhi Warman 2 Jakarta.

TMP 2

Kepala sekolah SMK Budhi Warman 2 Jakarta menuturkan, pada hari pertama uji coba sekolah tatap muka hari ini, siswa hadir pada pukul 07.00 WIB. dan berakhir pukul 11.00 WIB

Selang 30 menit pukul 06.30 ke pukul 07.00, kenapa? Karena sudah satu tahunan pembelajaran jarak jauh, kebiasaan bangun pagi mungkin berbeda, jadi kelas dimulai 07.00 menit agar siswa tidak kecewa kalau datang telat (bila kelas dimulai pukul 06.30 pagi).

Selang tiga puluh menit di awal kedatangan siswa digunakan untuk proses masuk, cek suhu, dan cuci tangan pakai sabun di wastafel-wastafel dan memakai hand sanitizer yang disediakan di luar kelas.Semua proses tersebut dipandu oleh satgas COVID-19 yang dibentuk sekolah, terdiri dari guru, pembina OSIS, dan didukung petugas keamanan. Adapun guru bertugas di luar jam mengajar masing-masing.

Siti Rahayu, Wakil Kurikulum SMK Budhi Warman 2 Jakarta menuturkan, para siswa diimbau membawa dua masker. Setelah sampai di sekolah, masker diganti, karena nanti di sekolah ketemu teman.

TMP 3

Siti Rahayu menuturkan, belajar tatap muka membantu efektifitas kegiatan belajar mengajar sebab pelajaran di SMK 70% praktikum dan 30% teori.

Ada keistimewaan untuk SMK, kami fokuskan mata pelajaran saat ini pada mata pelajaran produktif, disesuaikan dengan program keahlian, yakni program Akuntansi, Otomasi Tata Kelola Perkantoran, Multimedia, dan TKJ. Mereka belajar materi-materi dari program keahlian tersebut.

Dengan belajar tatap muka, anak-anak jadi mengenal alat dan praktik mereka sendiri secara langsung ketimbang PJJ. Sangat menolong sekali.

Untuk penggunaan alat, siswa memasuki ruangan dalam kondisi steril, dengan maksimal siswa yang hadir sejumlah 10-12 anak. Anak-anak diwajibkan menggunakan masker, lalu menggunakan hand sanitizer, dan praktik dengan sarung tangan.

TMP 1

Ketika anak keluar dari ruangan, ruangan akan kembali kami sterilkan dengan disinfektan.

TMP 4

Saat pembelajaran tatap muka berakhir, para siswa menunggu di kelas dan ditemani guru. Mereka duduk di kursi-kursi terpisah dengan jarak kurang lebih 1,5 meter.

Siswa diperkenankan keluar ruangan kalau sudah dijemput orang tua atau sudah ada kendaraan penjemput tiba di sekolah. Jadi mereka tidak berkerumun (menunggu dijemput). Sebisa mungkin cepat pulang.

Persiapan belajar tatap muka di SMK Budhi Warman 2 Jakarta sendiri dimulai di medio Desember 2020-Januari 2021. Salah satunya dengan memberikan kuesioner kesediaan ortu perihal kehadiran anak ke sekolah.

Kami juga mengisi instrumen asesmen kesiapan belajar sekolah tatap muka yang dikeluarkan Disdik (Dinas Pendidikan DKI Jakarta) dan Kemdikbud, lalu mengikuti pelatihan blended learning dari Merdeka Belajar.

Lalu kami lulus piloting tahap satu, sudah siap sarana prasarana yang menunjang sekolah tatap muka seperti wastafel dengan air mengalir, disinfektan, ruangan kelas dengan duduk berjarak, dan lain-lain.

Print